Sabtu, 21 Mei 2011

TUHAN, TERIMA KASIH APAPUN YANG TERJADI

“DOA NABI HABAKUK”
Ayat : Habakuk 3: 1-19
Nats : Habakuk 3: 17-19
Alat : Money Changing / Mechine Reminder
Firman:
1.Ceritakan siapa itu Nabi Habakuk?
-Menurut ensiklopedia Perjanjian : Habakuk adalah seorang nabi Yehuda pada tahun-tahun terakhir abda 7 SM. Ia adalah anak dari perempuan Sunem (2 raj 4: 16), kemungkinan ia hidup se-zaman dengan nabi Yeremia pada masa pemerintahan Yoyakim, anak Yosia.
-Habakuk bergumul dengan masalah moral, yaitu orang Kasdim yang dibangkitkan Allah untuk memberlakukan penghakiman-Nya atas orang Yehuda. Padahal kekejaman dan kebiadaban orang Kasdim itu menyangkal kebenaran Allah.
2.Apa yang sedang dia kerjakan?
-Dia melihat bahwa bangsa Israel ditindas oleh bangsa Kasdim, sehingga ia sangat prihatin dan berdoa memohon kepada Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari penderitaan.
-Sambil menunggu doanya dijawab dia mulai merasa bimbang dan meyakini dengan menantikan bahwa orang benar akan hidup oleh percayanya. (Hab 2:4b)
-Di dalam pergumulannya, nabi Habakuk tidak menyalahkan Tuhan sehingga dia tidak berakhir dengan kekecewaan / memberontak kepada Allah karena ketidakpuasan yang ia alami. Tetapi ia tetap bersandar pada kekuatan Tuhan seperti yang dikatakan di ayat 17-19.
-Ayat 17: menggambarkan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bangsa Israel.
-Ayat 18: menggambarkan Nabi Habakuk bersorak-sorai di dalam Tuhan dan tidak melakukan pemberontakan kepada Allah.
-Ayat 19: menggambarkan Nabi Habakuk meyakini bahwa Allah Tuhanku itu Kekuatanku.
3.Inti Firman:
-Saya mempunyai 1 lembar kertas kosong, mohon untuk dituliskan 1 masalah yang dihadapi ke dalam lembaran kertas kosong ini.
-(tunjukkan alat money changing, sebelumnya sudah dituliskan kalimat di dalamnya ) Saya mempunyai 1 alat pengingat namanya Mechine Reminder. Dari banyaknya masalah-masalah yang kalian hadapi, saya akan masukkan ke dalam mesin ini, dan apa yang akan keluar?
-Kertas keluar bertuliskan “TUHAN Terima kasih Apapun Yang Terjadi”.
-Dari kata yang keluar tersebut kita diingatkan dari firman Tuhan melalui Nabi Habakuk bahwa dalam pergumulannya, dia tidak pernah menyalahkan Tuhan tetapi dia bersorak sorai dan meyakini bahwa Allah Tuhanku itu Kekuatanku.
-Apapun permasalahan yang kita hadapi, baik itu ringan, sedang, maupun berat jangan pernah menyalahkan Tuhan tetapi dalam kesusahanmu bersukacitalah dan bersandarlah pada kekuatan Tuhan dan jangan lupa untuk selalu mengucap syukur.

1 komentar:

  1. hai teman-teman pecinta gospel magic. saya baru buat buku gospel magic. jika berminat dapat melihat-lihat di sini http://ketozia.blogspot.com/2012/05/19-permainan-gospel-magic.html

    BalasHapus